Bg

Berita - IAIN Surakarta

Mahasiswa Psikologi Islam Gelar Aksi Sosial

8 Januari 2019

Dalam rangka milad Psikologi Islam yang ke-1, Mahasiswa dari jurusan Psikologi Islam mengadakan kegiatan sosial. Kegiatan tersebut bernama PIP (Psikologi Islam Peduli) . Tujuan dari kegiatan tersebut adalah agar para mahasiswa Psikologi Islam bisa berhubungan langsung dengan masyarakat seperti contohnya yang diambil para teman-teman Psikologi Islam ini adalah memberi bantuan ataupun bersedakah, selain itu untuk membangun kelekatan, kebersamaan, dan kekompakan semua mahasiswa jurusan Psikologi Islam yang terdiri dari 3 kelas.

Kegiatan ini di ikuti dengan antusias oleh teman teaman Psikologi Islam dari kelas A sampai C. Tenaga semua dikerahkan agar kegiatan tersebut berjalan dengan lancar. Guna menciptakan rasa loyalitas dan solidaritas maka teman-teman Psikologi Islam memilih memasak sendiri, yang nanti hasil masakan itu akan di berikan kepada orang-orang tuna wisma di daerah Solo. Kesannya lebih mengena memasak sendiri dibandingkan memesan makanan.

Atas kesepakatan bersama dari 3 kelas, kawasan Gladak dan sekitarnya menjadi target untuk menjalankan kegiatan tersebut. Tepat jam 22:00 rombongan berangkat ke kawasan Gladak,. Alasan mengapa lebih memilih jam 22:00, sebab pada jam 22:00 dinilai lebih efektif. Pada siang hari sudah banyak melakukan kegiatan tersebut, yang jika dinalar akan menciptakan suatu kemubaziran, maka dari itu teman-teman Psikologi Islam memilih malam untuk melakukan kegiatan PIP.

Rasa kantuk tak menghalangi niat untuk berbagi. Sesampai di lokasi kita akan melihat suasana yang trenyuh, melihat bapak-bapak tidur dibecak yang tidak memiliki tempat tinggal alias tuna wisma. Raut wajah mereka terlihat lelah sehabis mengangkut penumpang, namun mereka masih bisa menampakan senyumn ketika teman-teman Psikologi Islam datang memberi secuil rezeki.

Kendala pada kegiatan PIP ini biasanya terjadi pada saat terjun ke lapangan, adanya lost contac dengan teman-teman yang lain dan akhirnya tak tahu jalan. PIP sendiri kedepannya juga mempunyai rencana seperti memperluas daerah sasaran dan akan mendirikan stand untuk acara-acara tertentu seperti pembagian kupon saat Qurban.

Manfaat yang diperoleh, kita dapat merasakan keharmoniasan dan kebersamaan tanpa memandang kekurangan dan kelebihan dari masing-masing teman dan bisa berbagi kepada orang yang membutuhkan, serta memunculkan rasa kepedulian yang tinggi.