Bg

Berita - IAIN Surakarta

HMJ IAT Ikuti Studi Banding Mahasiswa Tafsir Hadis DIY-Jateng

4 Maret 2019

HMJ IAT IAIN Surakarta mengirimkan 10 delegasinya untuk mengikuti “Studi Banding Mahasiswa Tafsir Hadis Wilayah DIY-Jateng dan Rapat Koordinasi Wilayah Forum Komunikasi Tafsir Hadits Indonesia” pada tanggal 23-24 Februari yang bertempat di IAIN Kudus. Rapat ini diikuti oleh 18 Kampus yang terdiri dari 22 HMJ/HMP/HMPS yang terbagi dalam 3 jurusan yaitu IAT, IQT, dan ILHA se DIY-Jateng.

Selain sebagai ajang silaturahmi Himpunan Mahasiswa Jurusan Tafsir dan Hadis se DIY-Jateng, rapat ini juga menghasilkan beberapa point penting, diantaranya; Pertama, Seminar tentang Living Qira’ah Sab’ah yang menyimpulkan bahwa “Adanya Qira’ah Sab’ah menjadikan Tafsir semakin kaya dan komprehensif. Qira’ah tidak mengubah makna tertentu dari ayat al-Qur’an, justru dengan adanya perbedaan satu Qira’ah dengan Qira’ah yang lain akan saling melengkapi suatu penafsiran”. Kedua, Peninjauan kembali program kerja dari pengurus FKMTHI DIY Jateng. Ketiga, Persiapan menyambut Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS FKMTHI) dengan tema “Revitalisasi Al-Qur’an Hadis Menjaga Nilai Kemanusiaan dalam Bingkai Demokrasi” yang akan dilaksanakan pada tanggal 20-22 Maret di UIN Sunan Ampel Surabaya.

Acara ini diakhiri dengan ziarah bersama ke makam K.H. Arwani Amin dan Sunan Kudus. Kemudian sowan masyayikh K.H. Ulil Albab dan K.H. Sya’roni Ahmadi.

 

Salam Tafsir Hadis…

Garuda di Dadaku Tafsir Hadis di Hatiku…!!