Bg

Berita - IAIN Surakarta

Psikologi Islam IAIN Surakarta Goes To IAIN Kediri

29 April 2019

 

Selasa, 23 April 2019– Psikologi Islam IAIN Surakarta melakukan kunjungan ke IAIN Kediri khususnya di jurusan Psikologi Islam, pada Selasa (23/04). Kunjungan ini dikuti oleh seluruh mahasiswa-mahasiswi Psikologi Islam IAIN Surakarta dan Dr. H. Moh. Abdul Kholiq Hasan, M.A., M.Ed selaku Kepala Jurusan, Bpk Wakhid Musthofa, M.PSI., Psikolog selaku Sekretaris Jurusan serta Ibu Lintang Seira Putri, M.A selaku dosen Psikologi Islam IAIN Surakarta.

Adapun tujuan dalam kunjungan kali ini ialah untuk melakukan studi banding terkait Proses akreditasi jurusan Psikologi Islam di IAIN Kediri. Psikologi Islam IAIN Kediri sendiri adalah salah satu jurusan yang sudah cukup lama berdiri, yaitu sudah sekitar 10 tahun dan juga sudah meluluskan beberapa angkatan yang telah berhasil melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya yaitu Magister Profesi Psikologi, selain itu Psikologi Islam IAIN Kediri juga menjadi Sekretariat Asosiasi Himpsi Wilayah Regional Kediri Raya.

Di tengah-tengah diskusi, pihak civitas akademika Psikologi Islam IAIN Kediri memaparkan bahwa sejatinya mereka telah memiliki bibit untuk menjadikan calon psikolog-psikolog ataupun konselor yang mumpuni dibidangnya. Bibit yang dimaksud ini ialah mahasiswa-mahasiswi yang telah mendapatkan pengajaran tentang psikologi. Mahasiswa-mahasiswi tersebut juga dibina dalam prestasi non akademiknya, seperti halnya mengikuti perlombaan diluar kampus dan lain sebagainya.

Selain berdiskusi perihal kurikulum pengajaran di Jurusan Psikologi Islam IAIN Kediri, Psikologi Islam IAIN Kediri juga telah memiliki lab, dimana lab itu berada di lantai satu gedung FUD. Menurut pengawas lab,lab itu masih baru jadi hanya masih ada satu ruangan, sebenearnya lab itu akan dibagi menjadi beberapa bagian untuk dijadikan ruang terapi,  di lab itu sendiri menyediakan beragam mainan untuk dijadikan terapi anak-anak. Untuk Lab  itu sendiri hanya berfungsi sebagai tempat menyimpan barang-barang dan membuat laporan hasil praktikum,karena ruangan itu terbatas jadi tidak memungkinkan para mahasiwa untuk melakukan praktikum di lab tersebut,praktikum itu sendiri di lakukan di ruangan yang luas. Selain itu, mereka juga telah mampu melayani  masyarakat atau instansi untuk kebutuhan layanan psikologi atau tes psikologis.

ditulis oleh:

Sri Ayu Ratnasari dan Arsitya Ajeng Lestari