Bg

Berita - IAIN Surakarta

Kunjungan dan Studi Wawasan Tenaga Pendidik dan Kependidikan FUD ke IAIN Tulungagung

8 Juli 2019

Kunjungan dan Studi Wawasan tenaga pendidik dan kependidikan FUD ke IAIN Tulungagung

Jumat (5/7/2019) dini hari peserta kunjungan dan studi wawasan tenaga pendidik dan kependidikan (tendik) Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah (FUD) IAIN Surakarta bertolak ke IAIN Tulungagung. Peserta kunjungan ini terdiri dari Pejabat Dekanat, Ketua jurusan, sekertaris jurusan, perwakilan dosen serta Kepala bagian Tata Usaha dan para stafnya (sub bagian akademik dan staf bagian umum). Waktu tempuh perjalanan sekitar 4 jam. Sesampai di tujuan, rombongan tendik disambut langsung oleh Dr. Akhmad Rizqon Khamami, Lc., M.A., Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Tulungagung.

Suasana kekeluargaan tercipta di antara tendik kedua institusi. IAIN Tulungagung berdiri sejak tahun 2013 dan saat ini sedang proses menuju Universitas Islam Negeri (UIN). Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan  Prof.Dr. Abad Badruzzaman, Lc., M.Ag., mengatakan bahwa IAIN Tulungagung sangat bangga menerima kunjungan dari IAIN Surakarta karena untuk masa yang akan datang dapat dilakukan kolaborasi bukan kompetisi, dalam sambutannya. Selain itu sebagai pendiri FUAD, Abah Abad, sapaan akrabnya menjelaskan lebih lanjut bahwa Jurusan di Fakultas itu ibarat penabuh kendang dan Pusat Studi itu bagaikan penarinya yang melaksanakan dan mengembangkan ide-ide untuk memajukan Fakultas. Selama ini sudah ada kerja sama yang terjalin antar mahasiswa jurusan Aqidan dan Filsafat Islam IAIN Surakarta dan IAIN Tulungagung. Mungkin ke depannya bisa dilakukan kerja sama antar dosen dalam bentuk riset kolaborasi misalnya. FUAD memiliki 12 jurusan dan 7 Pusat Studi dengan total jumlah sekitar 3 ribu mahasiswa.

Dalam sesi diskusi, Ibu Hj. Ari Hikmawati, S.Ag, M.Pd. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FUD IAIN Surakarta menanyakan bagaimana caranya IAIN Tulungagung bisa berprestasi di kancah kompetisi antar mahasiswa PTKIN. Ibu Dr. Hj. Salamah Noorhidayati, M.Ag, selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FUAD IAIN Tulungagung menjelaskan bahwa pihak rektorat pasti menginstrusikan tiap fakultas wajib mengirimkan wakil mahasiswa mengikuti lomba serta para wakil dekan  untuk mendampingi dan memberikan dukungan kepada tim wakil mahasiswa hingga pelaksanaannya.

Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Drs. H. Ahmad Hudaya, M.Ag, selaku Wakil Dekan Bidang Akademik FUD IAIN Surakarta, serah terima kenang-kenangan kemudian berfoto Bersama. Selanjutnya para peserta kunjungan dan studi wawasan tendik melakukan peninjauan fasilitas kampus dan observasi sistem pelayanan kemahasiswaan di FUAD IAIN Tulungagung.