Bg

Berita - IAIN Surakarta

Mahasiswa KPI Turut dalam Produksi Film Pendek “Pasung”

26 Juli 2019

KOMUNITAS FILM SOLO “GONG SINEMA” PRODUKSI FILM PENDEK “PASUNG”

Gong Sinema merupakan Komunitas Film Solo yang bertujuan sebagai wadah mahasiswa mahasiswi yang berkecimpung dalam dunia perfilman yang ingin produktif dalam perfilman yang dinamis dan kreatif. Diketuai oleh Muhammad Ali Hasan Akbar, anggota dari Komunitas Film Solo “Gong Sinema” ini berjumlah 36 orang, yang tergabung dari beberapa mahasiswa/i IAIN Surakarta.  Saat ini Komunitas Film Solo “Gong Sinema” akan memproduksi film pendek dengan judul “Pasung”.

Pasung merupakan suatu tindakan  memasang sebuah balok kayu pada tangan dan / atau kaki seseorang, diikat atau dirantai, diasingkan pada suatu tempat tersendiri di dalam rumah ataupun di hutan. Kesehatan jiwa seseorang dijadikan alasan mereka untuk memasung seseorang. Ketiadaan aturan hukum, rendahnya tingkat pendidikan, keterbatasan pemahaman terhadap gejala gangguan kejiwaan, serta keterbatasan ekonomi merupakan beberapa di antara sekian banyak faktor yang mendeterminasi munculnya praktik budaya pasung di banyak masyarakat.

Hingga saat ini fenomena pasung masih kerap dijumpai dihampir sebagian kota di pulau Jawa. Atas dasar ini lah kami mulai tertarik dengan fenomena pasung dan  mengadaptasi naskah pasung tersebut dari  karya D. Mustanto, yang kemudian kami kembangkan sedemikian rupa hingga menjadi naskah produksi film.

Untuk menjadikan film ini satu kesatuan yang apik dibutuhkan proses reading. Reading yang sudah berjalan selama tiga kali ini merupakan salah satu proses sebelum memasuki shoot day. Proses reading ini sebagai tempat untuk menguji naskah skenario, dengan mendengar para aktor membaca seolah pengambilan gambar yang sesungguhnya.

Hadirnya film pendek “Pasung” ini harapannya mampu menjadi tolak ukur bagi masyarakat luas, khususnya masyarakat yang masih menerapkan tradisi tersebut, agar mampu berfikir lebih terbuka dan relevan dengan hak asasi manusia, bahwa kasih sayang tidak perlu ditunjukkan dengan hal-hal yang membelenggu kebebasan seseorang.

Contact Person:

Jln. Pandawa, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo

E-mail : official.gongsinema@gmail.com

Ig         : @official.gong­_sinema

082226060073 (Produser)