Bg

Berita - IAIN Surakarta

MAKRAB BKI 2019 DENGAN TEMA “MENUMBUHKAN JIWA SOLIDARITAS DAN KESIAPAN MENTAL DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0”

4 September 2019

MAKRAB BKI 2019, 30-31 Agustus 2019
Makrab BKI 2019 dengan tema “Menumbuhkan Jiwa Solidaritas dan Kesiapan Mental dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”

FUD – Makrab dilaksanakan selama 2 hari yaitu Jumat dan Sabtu tanggal 30-31 Agustus 2019. Kegiatan makrab tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan BKI dengan 178 peserta dan 39 panitia. Apa sih tujuan dari makrab tersebut? Jadi, tujuan dari Malam Pengakraban ini bermaksud untuk mendekatkan mahasiswa baru (maba) dengan mahasiswa lama (senior) agar terjalin keakraban dan komunikasi yang baik. Selain itu, malam pengakraban ini adalah waktu yang tepat untuk refreshing, menyegarkan pikiran sambil mengenal lingkungan baru. Untuk kegiatan hari pertama yaitu hari Jumat, 30 Agustus 2019 pukul 13.30 sampai 14.30 diisi dengan materi “Kejurusan” oleh Bapak Supandi, S.Ag., M.Ag. dengan Moderator sahabati Anisa Widyaningsih. Dilanjutkan dengan materi yang kedua yaitu “Keorganisasian” oleh sahabati Sari Asih Guritno, S. Sos. dengan moderator sahabati Nunuk Rizqiani.
Kedua materi tersebut sangat penting untuk disampaikan kepada mahasiswa baru. Kenapa? Karena, dengan adanya materi Kejurusan, akan mengenal lebih dalam jurusan yang mereka pilih yaitu Bimbingan dan Konseling Islam sehingga kita bisa memahami dan menguasai berbagai konsep dan pendekatan Bimbingan dan Konseling Islam, serta memiliki kapasitas intelektual untuk memahami masalah-masalah psikologis individu, kelompok (komunitas) dan masyarakat luas.

Sedangkan materi Keorganisasian juga sangat penting karena dengan berorganisasi, bisa mempengaruhi keaktifan mahasiswa untuk mengikuti organisasi yang ada di kampus dengan tujuan untuk membangun relasi dan menambah pengalaman dalam berorganisasi.