Bg

Berita - IAIN Surakarta

Dua Jurnal Besutan FUD Raih Sertifikat Akreditasi SINTA 2 Jurnal Ilmiah Elektronik

28 November 2019

 

 

Sukoharjo – Jurnal Al-A’raf dan Jurnal Al-Balagh, dua jurnal yang dimiliki oleh Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) IAIN Surakarta berhasil meraih akreditasi Peringkat Sinta 2 dalam bidang jurnal ilmiah elektronik nasional. Kedua jurnal kebanggan FUD ini selanjutnya menerima Sertifikat Akreditasi Sinta 2 dalam acara Koordinasi Pengembangan Sertifikat Akreditasi Jurnal Ilmiah Elektronik (25/11), di Grand Sahid Hotel, Jakarta Pusat.

Pada kesempatan tersebut, Al-A’raf sebagai jurnal dalam bidang pemikiran Islam dan Filsafat yang diwakili oleh Siti Fathonah selaku salah satu pengelola,  berkesempatan untuk menerima medali dan sertifikat penghargaan yang diberikan langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) sekaligus Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Begitu pula dengan Al-A’raf, Al-Balagh: Jurnal Dakwah dan Komunikasi juga menerima penghargaan sertifikat dan medali dalam kategori yang sama.

Penyerahan sertifikat ini adalah bentuk apresiasi terhadap pengelolaan jurnal yang telah memenuhi standar publikasi yang telah ditetapkan. Kemenristek-BRIN menyerahkan sertifikat akreditasi kepada jurnal-jurnal ilmiah elektronik yang telah terakreditasi Sinta, mulai dari Sinta 1, sampai dengan Sinta 6. Ke depannya, diharapkan baik Al-A’raf maupun Al-Balagh dapat terus meningkatkan kualitas ilmiah menuju Sinta 1 sehingga mampu menjadi media publikasi ilmiah yang baik bagi dosen dan peneliti di lingkup nasional serta internasional.

Selain penyerahan sertifikat akreditasi jurnal ilmiah elektronik, acara koordinasi pengembangan jurnal ini juga memfasilitasi adanya penandatanganan MoU antara Kemenristek-BRIN dengan Direktur LPDP. Tujuan kerjasama ini adalah untuk meminimalisir adanya pendanaan ganda terhadap penelitian berbasis output luaran berupa publikasi jurnal ilmiah.

Event besar dunia perjurnalan Indonesia kali ini dihadiri oleh seluruh penerima sertifikat mulai dari Sabang sampai Merauke, sebanyak lebih dari 500 jurnal. Mereka adalah para pengelola jurnal dengan peringkat 1 sampai 6, yang berasal dari berbagai institusi pemerintah dan lembaga pendidikan tinggi. Selain menerima sertifikat akreditasi, beberapa nominator terpilih juga menerima insentif dari Kemenristek berupa dana pengelolaan jurnal sebesar 15 juta rupiah untuk Jurnal terakreditasi Sinta 2, dan 50 juta rupiah untuk jurnal terakreditasi Sinta 1.

 

Sumber: Siti Fathonah (Jurnal Al-A’raf)