Bg

Berita - IAIN Surakarta

Dalam Rangka Optimalisasi Laboratorium Broadcasting, KPI Selenggarakan Pelatihan Video Bagi Penggiat Laboratorium 

3 Desember 2019

 

Sukoharjo – Program Studi (Prodi) KPI mengadakan kelas kedua bertajuk pelatihan video bagi para mahasiswa KPI, khususnya para penggiat laboratorium broadcasting Permata TV. Kegiatan pelatihan ini adalah kelas lanjutan kedua setelah sebelumnya, Rhesa Zuhriya Briyan Pratiwi, M.I.Kom., salah seorang Dosen KPI, menginisasi aktualisasi kegiatan dalam rangka optimalisasi penggunaan laboratorium KPI.

Pelatihan video secara langsung diisi oleh Rhesa sebagai inisiator, Jumat (15/11). Materi dalam pelatihan ini dikhususkan pada proses pembuatan produk video iklan agar selanjutnya mahasiswa dapat mempraktikkannya dalam perkuliahan. Sekitar 20 peserta menghadiri kelas pelatihan ini. Mayoritas adalah anggota Permata TV dan sebagian adalah mahasiswa KPI konsentrasi broadcasting.

“Salah satu produk video yang biasa kita temui adalah iklan. Ada ILM dan TVC. Dua produk ini sering kita temui dan menurut saya wajib teman-teman pahami dalam pembelajaran broadcasting audio visual,” papar Rhesa.

Rhesa menambahkan bahwa proses pembuatan iklan pada dasarnya tidak sesederhana apa yang terlihat. Mengawali kelas video dengan mempertontonkan sejumlah iklan kepada mahasiswa, Rhesa berharap mahasiswa akan lebih peka terhadap bagaimana cara menyusun dan membuat iklan yang eye-catching, menarik, kreatif, tetapi tetap bermakna.

“Kita memerlukan standar tertentu sebagai dokumen penyusun iklan. Perlu diingat bahwa mengawali pembuatan iklan, terlebih dahulu harus diserta dengan riset dan analisis sosial guna menentukan segmentasi iklan yang kita buat,” jelas Rhesa.

Mengakhiri kelas, Rhesa mengajak kepada mahasiswa peserta pelatihan untuk terus inovatif dan terbuka terhadap perkembangan komunikasi yang ada. Harapannya, mahasiswa mampu bertahan dalam persaingan pangsa pasar kerja yang semakin ketat, sekaligus mampu memanfaatkan keahlian dan kecakapan yang dimiliki di dunia broadcasting video dengan baik.  (RZB)