Bg

Berita - IAIN Surakarta

Dalam Acara FUD EXPO, 5 Mahasiswa FUD Terima Penghargaan sebagai Mahasiswa Berprestasi dari Dekan

4 Desember 2019

5 Mahasiswa FUD Terima Penghargaan sebagai Mahasiswa Berprestasi dari Dekan

 

Surakarta, 2 Desember 2019 menjadi hari bersejarah bagi mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Pasalnya, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah memberikan apresiasi kepada para mahasiswa berprestasi. Acara ini dilaksanakan berbarengan dengan pembukaan FUD Expo dan seminar generasi muda dan kebudayaan lokal yang digawangi oleh Tim Dema-Fakultas.

Para mahasiswa berprestasi yang terpilih dalam ajang Student Achievement Award 2019 ini di antaranya yaitu Agus Wedi, mahasiswa Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) angkatan 2016. Ia merupakan mahasiswa yang aktif di bidang karya tulis. Lebih dari 20 karyanya di tahun 2019 telah diterbitkan di media massa maupun media online. Selain itu, Agus juga tercatat sebanyak 7 kali meraih juara perlombaan penulisan dan juga aktif mempresentasikan pada beberapa konferensi karya ilmiah. Mahasiswa kedua adalah Ayu Kristina yang juga merupakan mahasiswa yang aktif menulis. Ia tercatat sebagai penulis esai di beberapa media dan beberapa tulisannya telah dibukukan dalam kumpulan tulisan. Selain itu, mahasiswa Manajemen Dakwah (MD) ini juga aktif melakukan penelitian dan terbukti beberapa artikelnya dimuat di jurnal ilmiah nasional serta lolos dalam ajang konferensi nasional.

Selain mahasiswa yang berprestasi dalam bidang penulisan karya tulis, penghargaan ini juga diberikan kepada mahasiswa berprestasi dalam bidang kejuaraan minat bakat tertentu. Ada 3 mahasiswa yang mendapatkan penghargaan dalam kesempatan ini, yaitu Ade Larasati mahasiswa KPI, yang telah banyak menyabet gelar juara lomba panjat tebing. Dua lainnya, yakni Bachtiar Danindrya (MD) dan Affandi Yaqub (IAT) yang telah berhasil menjadi juara di ajang perlombaan pencak silat, baik nasional maupun internasional.

Ajang penggalian mahasiswa berprestasi yang digelar pada tahun 2019 ini nampaknya mendapatkan respon positif dari kalangan mahasiswa. Terbukti dari penjaringan yang dilakukan kurang lebih dua minggu ini ada sekitar 25 mahasiswa FUD yang mendaftarkan prestasi dan karya-karya mereka. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa mahasiswa FUD merupakan mahasiswa yang banyak menyimpan talenta dan bakat. Melihat hal ini, Wakil Dekan III, Dr. Kholilurrahman, M.Si mengatakan bahwa tahun depan, pelaksanaan kegiatan semacam ini harus ditingkatkan.

Pada kesempatan itu, Dekan FUD, Dr. Islah Gusmian menyampaikan selamat kepada para mahasiswa berprestasi yang terpilih sebagai penerima award ini. Dengan adanya kegiatan ini, semoga geliat mahasiswa untuk berprestasi semakin meningkat. Selain itu, beliau juga berpesan agar senatiasa meningkatkan kemampuan diri, dan terus berkarya. Bersamaan dengan hal itu, Agus Wedi melalui akun media sosialnya menyampaikan terima kasih kepada Fakultas atas penyelenggaraan kegiatan ini. Demikian pula dengan Ayu Kristina yang merasa surprised dengan adanya penghargaan ini. Ia bertekad untuk terus belajar dan terus berkarya. Ketika ditemui pasca kegiatan usai. (NR).