Bg

Berita - IAIN Surakarta

Jurnal Al-Balagh dan Al-A’raf Kembali Raih Penghargaan sebagai Jurnal Terakreditasi Sinta 2

11 Desember 2019

Jurnal Al-Balagh dan Al-A’raf Kembali Raih Penghargaan

Jurnal Al-Balagh dan Al-A’raf mendapat penghargaan sebagai Jurnal Terakreditasi Sinta 2. Penghargaan tersebut diberikan dalam gelaran Biannual Conference on Research Result (BCRR) yang diadakan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementrian Agama (Kemenag).

Even yang baru pertama kali diadakan itu bertempat di gedung Anwar Musaddad UIN SGD Bandung (3-5/12/2019). Abraham Zakky Zulhazmi (dosen KPI) dan Nur Rohman (dosen IAT) hadir di acara tersebut mewakili jurnal Al-Balagh dan Al-A’raf.

Direktur Diktis Ditjen Pendis, Arskal Salim, dalam sambutan sekaligus membuka BCRR mengatakan dosen adalah guru yang meneliti. artinya, kalau seorang dosen tidak meneliti maka ia sama dengan guru SMA atau guru SMP. Ia menambahkan, riset sejatinya adalah substansi dari sebuah perguruan tinggi.

Senada dengan yang disampaikan Arskal Salim, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi menyatakan tantangan terbesar dari dunia perguruan tinggi manapun adalah bidang riset. Kewibawaan dan nama besar perguruan tinggi juga sangat ditentukan oleh riset. Pernyataan itu ia sampaikan ketika menutup BCRR 2019.

BCRR 2019 menghadirkan 64 peneliti terpilih untuk mempresentasikan hasil risetnya. 64 peneliti terbagi dalam lima kategori keilmuan, yakni Studi Islam/Tafaqquh Fiddin, Bidang Sosial/Humaniora, Integrasi Keilmuan, Moderasi Beragama, dan Bidang Sains dan Teknologi. (AZZ)