Bg

Berita - IAIN Surakarta

Dalam Rangka Percepatan Studi, Prodi KPI Gelar Sambung Rasa dengan Mahasiswa

12 Desember 2019

Dalam Rangka Percepatan Studi, Prodi KPI Gelar Sambung Rasa dengan Mahasiswa

Bertempat di GLM IAIN Surakarta, Kaprodi KPI (Agus Sriyanto M. Si) dan Sekprodi KPI (Abraham Zakky Zulhazmi MA. Hum) mengadakan sambung rasa dengan mahasiswa semester 11 (Jumat, 29/11/19). Dihadiri 21 mahasiswa, diskusi antara prodi dan mahasiswa berlangsung seru. Sambung rasa diniatkan sebagai jembatan antara prodi dengan mahsiswa semester 11 yang akan menyelesaikan studi.

Sambung rasa diawali dengan sambutan kaprodi KPI terkait tahap-tahap penyelesaian tugas akhir/skripsi mahasiswa semester 11. Berbasis data, kaprodi KPI menanyakan satu persatu keluhan dan kendala mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir. Tak lupa kaprodi KPI juga menanyakan target lulus/wisuda yang ingin dicapai mahasiswa.

Di antara mahasiswa ada yang sudah menjalani seminar proposal dan sedang menyelesaikan tahap akhir skripsi. Namun ada pula yang belum mengajukan outline skripsi sama sekali. Kaprodi KPI menyampaikan pintu prodi selalu terbuka lebar untuk mahasiswa yang ingin diskusi perihal penyelesaian tugas akhir. Harapannya tentu agar satu angkatan dapat lulus 100%.

Selain mengenai skripsi, sekrpodi KPI juga mengingatkan perihal kewajiban mahasiswa sebelum munaqosyah, yakni menyelesaikan laporan magang dan khitobah. Dua hal itu penting diperhatikan mahasiswa karena merupakan syarat wajib. Mahasiswa diminta proaktif menemui DPL magang dan DPL khitobah.

Mengecek Siakad juga menjadi hal penting yang kerap dilalaikan bagi mahasiwa semester akhir. Jangan sampai munaqosyah terhambat karena teledor tidak mengecek siakad. Jika ada mata kuliah wajib yang belum lulus atau SKS belum mencukupi syarat minimal untuk dapat mengikuti munaqosyah tentu merugikan mahasiswa. “Sisa waktu” yang hanya tinggal tiga semester hendaknya disikapi sebaik mungkin oleh mahasiswa KPI sesmester 11.

Kegiatan sambung rasa prodi KPI berikutnya akan digelar bersama mahasiswa semester sembilan (terkait percepatan studi) dan semester tujuh (pelatihan penggunaan Mendeley dan Turn it In). (AZZ)