Bg

Berita - IAIN Surakarta

HMPS KPI Periode 2020 Laksanakan Kegiatan Bincang Buku Online

21 April 2020

Senin, (20/04) Himpunan Mahasiswa Program Study Komunikasi dan Penyiaran Islam (HMPS KPI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta laksanakan kegiatan Bincang Buku Online dengan tema “Peran Media Massa di Fase Pergerakan Anti-Kolonialisme” kegiatan ini dinaungi oleh bidang DAKWAH.

Kegiatan Bincang Buku Online dilaksanakan via grup WhatsApp. Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 19.30 WIB dan diawali dengan sambutan dari M. Iqbal Kusuma selaku Ketua Umum HMPS KPI, sambutan selanjutnya dari Sekretaris Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Abraham Zakky Zulhazmi, M.A.Hum. Beliau memberi apresiasi atas terlaksananya kegiatan seperti ini, beliau mengatakan “Untuk menjadi mahasiswa seutuhnya tidak cukup hanya dengan kuliah saja, namun juga harus gemar berdiskusi, berorganisasi, membaca, dll. Diskusi semacam ini bagus untuk terus menghidupkan iklim diskusi dikalangan mahasiswa”.

Acara selanjutnya dipimpin oleh Ria Putri Utami Selaku Moderator, dalam kegiatan bincang buku online ini ada seorang Narasumber yang luar biasa, yaitu Yuni Firdaus Penulis Buku “Memoar Bersama Ibu Tercinta” sekaligus Mahasiswa Jurnalistik Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) IAIN Surakarta. Narasumber menyampaikan cuplikan-cuplikan isi buku ‘Journalist Marco’. Buku ini menggambarkan kehidupan pers pada masa itu dan menjadi bukti tentang peran media massa di fase pergerakan anti-kolonialisme atau yang disebut dengan istilah “Zaman Bergerak”.

Penyampaian materi oleh Narasumber telah usai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Banyak peserta bincang buku online yang sangat antusias untuk bertanya. Peserta bincang buku online pun juga berasal dari berbagai Universitas, ada yang dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), IAIN Kudus, Universitas Negeri Jember (UNEJ), dan lain sebagainya. Semua Pertanyaan Tentunya, dibahas secara tuntas oleh Narasumber.

Sebelum kegiatan bincang buku online berakhir, Moderator membacakan kesimpulan dari kegiatan tersebut. “Bagaimana sih caranya meningkatkan minat kita terhadap dunia literasi? Perangi rasa malas kita, gali nalar kritis kita.” Dan Harapannya, semoga bincang buku online tersebut bisa bermanfaat untuk kita semuanya.

Demikian Kegiatan bincang buku online berjalan dengan lancar dan ditutup pada pukul 22.00 WIB.
Sumber: (MC/Kominfo Hmpskpi20)