Bg

Berita - IAIN Surakarta

Prodi PI Selenggarakan PKM Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi dalam Perspektif Psikologi Islam.

23 Juni 2020

Selasa, 22 Juni 2020 Program studi Psikologi Islam (Prodi PI) menyelenggarakan dua kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) berbasis untuk penguatan terhadap dampak covid-19. Tema yang diangkat yakni menjaga kesehatan mental di masa pandemi perspektif Psikologi Islam yang bertempat di Hotel Assalam Syariah dan Rumah Bapak Syakirin.
Dalam kesempatan yang baik tersebut Bapak Dr. H. Kholilurrohman, M.Si memberikan sambutannya bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan hendaknya kita semua dapat selalu berpikiran positif di masa pandemi.
Ibu Hj.Elvi Na’imah, L.c, M.Ag menyampaikan materi berdasar Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 214. Hikmahnya dari ayat tersebut terkait dengan pandemi adalah sebagai berikut, pertama kita semestinya menyadari bahwa ini ujian dari Allah SWT. Kedua Kita perlu mengingat kondisi atau cerita tentang ummat Islam masa lampau yang lebih berat ujiannya. Ketiga, kita harus yakin bahwa pertolongan Allah SWT sangat dekat. Peserta dari kegiatan ini Jama’ah pengajian Laatifa. Selain offline PkM disiarkan langsung lewat akun Instagram pengajian Laatifa.
Kegiatan PkM yang kedua Ibu Dr.Hj. Kamila Adnani, M.Si. dalam sambutannya mengatakan bahwa acara PkM di lingkungan masyarakat kampus IAIN Surakarta ini sangat penting dilakukan untuk menjalin silaturahmi di masa pandemi.
Ibu Ernawati, M.Si memberikan tips bagaimana menjaga Kesehatan mental di masa pandemi ini. Pertama, masyarakat semestinya selektif dalam memilih berita. Menyaring berita dilakukan supaya pikiran kita tidak terpengaruh oleh hal yang negatif. Kedua, pendekatan secara spiritual hendaknya rajin dilakukan. Ketiga, tetap mematuhi protokol Kesehatan. Keempat, self-hypnosis perlu dipraktekkan sebagai upaya membentengi hati dan pikiran. Peserta dari kegiatan PkM kedua ini Jama’ah pengajian Roudlotul Jannah Pucangan yang dipimpin oleh Ibu Hj. Durri Muroso’ah. Kedua kegiatan pada hari yang sama secara keseluruhan berjalan dengan lancar dan semoga memberikan manfaat kepada masyarakat umum. (Azzah)