Bg

Berita - IAIN Surakarta

Satukan Visi, FUD Selenggarakan Rapat Kerja Tahun Anggaran 2020

26 Juni 2020


Satukan Visi, FUD Selenggarakan Rapat Kerja

“Prestasi-prestasi yang dimiliki FUD saya harapkan bertahan dan akan naik kelas untuk mensukseskan rencana pengembangan Kampus Menuju Word Class Islamic University di Level ASEAN”.

Demikian disampaikan Rektor dalam sambutan pembukaan Rapat Kerja Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta, 24-26 Juni 2020 di The 101 Hotel Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh para pimpinan di Fakultas, para pengelola jurnal, para staff administrasi, dan perwakilan mahasiswa. Meski diikuti oleh lebih dari 30 orang, namun proses pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Sebelum berangkat para peserta dicek suhu tubuh dan diwajibkan menggunakan masker. Para peserta juga dibekali masker, hand sanitiser, dan duduk dengan jarak 1,5 meter baik di dalam bus, maupun di area penyelenggaraan kegiatan.
Prof. Dr. H. Mudofir, M.Pd, selaku Rektor IAIN Surakarta mengingatkan tentang pentingnya memahami Visi IAIN Surakarta dan penerjemahannya ke dalam setiap aktifitas yang ada di Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Di Era New Normal ini, Prodi-prodi di FUD harus adaptif dan mampu melakukan terobosan-terobosan. Ada Prodi di FUD sangat relevan yaitu prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Prodi yang harus mengembangkan distingsi keilmuan komunikasi dan teknologi. Dari Prodi ini, Rektor berharap muncul inovasi inovasi baru, seperti channel youtube, TV, podcast, dan lain-lain yang terus memproduksi konten-konten kreatif edukatif, sehingga mampu bersaing di dunia pasar. Tentu saja demikian juga dengan program studi lainnya, yang sudah saatnya saling bekerjasama.
Kegiatan yang diselenggarakan dengan cukup khidmat ini sekaligus menjadi sarana untuk penyampaian arah dan kebijakan Fakultas selama kurang lebih 4 tahun ke depan oleh Dr. Islah, M.Ag. selaku Dekan FUD. Dekan berharap, di era kepimpinan empat tahun mendatang semua civitas akademika di FUD dapat melakukan kerja kolektif kolegial berdasar visi dan misi IAIN Surakarta dengan mengembangkan di wilayah rumpun keilmuan yang dimiliki Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Beliau mengatakan bahwa sudah saatnya kita bekerja secara Akuntable, Acceptable dan Modernity dan melakukan tata kelola birokrasi yang melayani dengan cepat dan tepat. Pada tataran ini ajaran Tridharma Raden Mas Said ‘Mulat sarira angrasa wani, Rumangsa mèlu andarbèni, Wajib mèlu anggondhèli’ harus menjadi pegangan bersama.
Agenda besar yang dicanangkan, kemudian diterjemahkan dalam ranah teknis di dalam sidang-sidang komisi yang dibagi menjadi 3 klaster utama. Akademik dan Kelembagaan, Umum dan Keuangan, Kemahasiswaan dan Kerjasama. Di bawah komando para wakil dekan, komisi-komisi yang dibagi berjalan cukup khitmat. Banyak kritik dan saran terlihat di dalam diskusi, namun suasana ceria dan sayuk terlihat. Semua terlihat mempunyai semangat yang sama untuk memajukan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Dengan kegiatan Rapat Kerja tahun 2020 ini, semoga FUD semakin maju dan berkualitas.

Yogyakarta, 24-26 Juni 2020

Adm zaen