Bg

Berita - IAIN Surakarta

Lomba DEMA FUD : Lejitkan Potensi Mahasiswa Meski Sedang Berpuasa

15 Juni 2016

Sukoharjo-Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta adakan kegiatan perlombaan dengan tema Ramadhanku Suci, Ramadhanku Penuh Prestasi. Kegiatan lomba diadakan mulai hari Senin dan Selasa (13-14/6) dan puncak acara pada hari Sabtu (17/6). Jenis perlombaann meliputi lomba penulisan artikel, tahfidz, fotografi, pidato, pembacaan puisi, dan film pendek (short movie).

Senin (13/6) merupakan pembukaan perlombaan sekaligus berlangsung lomba pidato, puisi, dan tahfidz juz 1-5. Pada hari selanjutnya Selasa (14/6) dilanjutkan lomba artikel serta film, pendek “Kegiatan ini diadakan untuk mengisi bulan Ramadhan. Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap mahasiswa dapat saling memotivasi temannya. Puasa tidak boleh menjadi alasan untuk bermalas-malasan karena masih banyak hal positif yang dapat dilakukan. Oleh dari itu, DEMA mengadakan kegiatan ini guna mengisi kekosongan mahasiswa dengan cara mengadakan perlombaan agar mahasiswa bisa bersaing dalam konteks yang positif, sekaligus menggali kreativitas serta bakat yang dimiliki mahasiswa,” ujar Akhmad Khabibi selaku ketua DEMA FUD 2016 (14/6).

Ditemui dikesempatan lain, Agus Nugroho, selaku ketua panitia kegiatan, mengatakan kegiatan ini diadakan untuk mengisi kegiatan yang positif dan penuh prestasi. “Belajar untuk mengukir prestasi yang membanggakan serta menggali bakat serta minat mahasiswa IAIN Surakarta. Ya, supaya lebih menggiatkan prestasi yang lebih baik serta memberikan manfaat bagi seluruh mahasiswa,” imbuhnya (14/6)

Adapun perlombaan ini bersifat umum dan gratis dengan hadiah yang menarik. Peserta lomba berjumlah sebanyak 80 orang. Mereka merupakan mahasiswa IAIN Surakarta yang berasal dari FUD, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Fakultas Syariah dan Hukum Islam (FSH).

Ama, mahasiwa FUD prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Semester 4 mengaku senang dan sangat antusias mengikuti perlombaan ini. “Karena tidak setiap hari ada momen seperti ini, dengan adanya lomba, saya bisa mengisi waktu luang yang bermanfaat sekaligus mengasah kemampuan dalam bidang menulis,” ujar mahasiswi yang juga aktif di LPM LOCUS (14/6). Sedangkan Siti Murjanah mahasiswa FITK Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) semester 4, mengaku tertarik dengan perlombaan ini karena temanya unik. Ia berharap dengan partisispasinya dalam  lomba, mampu mengembangkan bakat yang dimilikinya.

Pengumuman pemenang lomba akan dilaksanakan pada 17 Juni 2016 dengan hadiah yang menarik serta diakhiri dengan pembagian takjil gratis untuk mahasiswa IAIN Surakarta dan kegiatan sosial lainya.(mgzaqi)