Bg

Berita - IAIN Surakarta

Seminar Nasional Bersama Kak Seto Mulyadi

7 Desember 2016

Sukoharjo, Senin, 5/12/2016 Himpunan Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Surakarta. Menyelenggarakan sebuah kegiatan seminar nasional dengan tema “Upaya Membangun Karaker Anak Bangsa yang Beradab dalam Menghadapi Tantangan Perubahan Sosial di Era Globalisasi”.

 Pada kegiatan hari ini yang dihadiri sekitar 750 peserta seminar nasional yang diselenggarakan HMJ BKI sangat berantusias dari awal sampai akhir kegiatan tersebut. Tidak hanya dari mahasiswa IAIN Surakarta saja tetapi juga seminar ini dihadiri oleh mahasiswa umum,tenaga pendidik, beberapa Psikolog dan Psikiater.

Dalam sambutannya Ketua HMJ BKI Sari Asih Guritno menyampaikan bahwa Seminar ini merupakan wujud keprihatinan kita sebagai mahasiswa konseling melihat kondisi sosial budaya di Indonesia yang sangat mengkhawatirkan khususnya di wilayah Karisidenan Surakarta. Banyak sekali kasus pelecehan seksual, perkelahian dan pencabulan yang terjadi di Wilayah Surakarta.

Dan Bapak Dr. H Mudhofir Abdullah M.Pd, selaku rektor IAIN SURAKARTA menyampaikan bahwa BKI kedepan menjanjikan karena dalam BKI tidak hanya menggunakan penekatan ilmiah tetapi juga menggunakan pendekatan Agama.

Dalam seminar nasional yang diisi oleh Kak Seto menyampaikan bahwa pendidikan anak sangatlah penting, dimulai dari lingkungan keluarga, masyarakat dan teman sebaya. Pada dasarnya setiap anak memiliki kecerdasan dan kreatifitas masing-masing. Orang tua harus mampu memahami jenis-jenis kecerdasan dan kretatifitas yang dimiliki anak. Selain itu orang tua dihimbau untuk mampu menciptakan suasana atau lingkungan belajar yang kondusif sesuai dengan tingkatan umurnya tanpa menggunakan unsur kekerasan di dalamnya.

Dalam seminar nasional yang diisi oleh Mami Sugiarsi menyampaikan tentang bagaimana cara melindungi anak dari korban kekerasan. Dan beliau juga memaparkan mengenai beberapa kasus yang telah ia tangani.

Harapan dari kegiatan ini adalah baik mahasiswa, tenaga pendidik, masyarakat umum, dan orang tua memiliki wawasan dan pengetahuan yang lebih mengenai pendidikan karakter anak dalam menghadapi perubahan dan tekanan sosial yang terjadi di Indonesia saat ini. Dan dengan diadakannya seminar nasional ini mampu menumbuhkan rasa empati sosial yang tinggi di kalangan masyarakat terhadap masalah-masalah sosial yang terjadi di Indonesia.