Bg

Berita - IAIN Surakarta

Dema FUD Gelar Bincang Virtual: Diskusi Buku “Jawa-Islam di Masa Kolonial”

17 November 2020

Sabtu,14/11/2020. Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) IAIN Surakarta baru saja menggelar bincang virtual bertajuk diskusi buku yang berjudul “Jawa-Islam di Masa Kolonial” karya Nancy K.Floridina. Pemantik dalam diskusi tersebut adalah Raha Bistara, S.Ag., mahasiswa S2 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan dimoderatori oleh Ramanda Ade Saputra salah satu anggota DEMA FUD 2020.
Diskusi dimulai pukul 09.00 WIB dengan menggunakan platform Google Meet sebagai ruang diskusi, lalu diawali dengan sambutan oleh Eko Aji Arabbiyanto selaku Ketua DEMA FUD 2020. Kemudian, dilanjutkan pemaparan isi buku oleh narasumber. Beliau memaparkan bahwa dalam buku tersebut peneliti mengkritik The History of Java tentang Keraton Kasunanan Surakarta peninggalan Hindu-Budha yang menjadi objek penelitian. Sekaligus sebuah kota sejarah peradaban besar Islam yang melahirkan banyak raja-raja besar Islam pulau Jawa di masa kolonial.
Peserta sangat antusias dalam mengikuti diskusi. Diskusi menjadi lebih hidup saat sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber. Banyak hal-hal baru yang didapat baik dari pertanyaan maupun apa yang disampaikan oleh narasumber. Acara diakhiri dengan closing statement dari narasumber. Beliau menyampaikan bahwa sebagai orang Jawa, perlu menjiwai nilai-nilai yang ada di Jawa serta melestarikan kebudayaan yang dimiliki agar nilai-nilai tersebut tidak hilang