Bg

Berita - IAIN Surakarta

Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta Gandeng Kakanwil Jateng dan Dirjen PHU Kemenag RI Selenggarakan Workshop Sertifikasi Pembimbing Haji dan Umroh

6 Mei 2021

Sukoharjo- Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta Selenggarakan workshop sertifikasi pembimbing haji dan umrah, Rabu, (05/05) di Hotel Syariah Solo lantai 12, jalan Adi Sucipto nomor 47, Gonilan, Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo.

Adapun peserta pada workshop ini diikuti perwakilan dari Kementrian Agama, Biro Haji dan Umrah, KBIH Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah se-Solo Raya (Solo, Sukoharjo, Klaten, Boyolali, Wonogiri, Karanganyar dan Sragen. Adapun Narasumber dari Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Kementrian Agama RI dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Semarang.

Dr. Islah, M.Ag Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta menyampaikan bahwa pentingnya memperoleh sertifikasi para pembimbing Haji dan Umrah dalam rangka untuk menjaga mutu dan kompetensi penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Musta’in, S.H.,M.H Kepala kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah menambahkan bahwa butuh adanya komunikasi yang baik antara pelaku kebijakan Haji dan Umrah dengan masyarakat dalam rangka menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan seperti persoalan Hoax perihal penyelenggaraan dan kebijakan pelaksanaan Haji dan Umrah.

Prof. Dr. H. Mudhofir, S.Ag.,M.Pd Rektor IAIN Surakarta menuturkan bahwa IAIN Surakarta sebagai sebuah lembaga tinggi pendidikan harus ikut serta dalam mensukseskan progam-progam dari Pemerintah. Dengan adanya Progam Studi Managemen Haji dan Umrah merupakan jembatan penting dalam rangka mensosialisasikan program Pemerintah terkait penyelenggaraan haji dan umrah.

Khoirizi H. Dasir, S.sos.,MM plt. Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Kementrian Agama RI menambah bahwa fokus penyelenggaraan ibadah haji dan umrah kedepan tidak hanya terkait fasilitas pelayanan (penginapan, konsumsi dan transportasi melainkan juga perihal fasilitas ibadah agar nyaman dalam melaksanakan ibadah haji dan umrah.

Selain penyampaian materi oleh narasumber, dalam momentum kegiatan ini juga dilaksanakan dengan penandatanganan MoU dan MoA oleh IAIN dengan Direktur Jenderal Penyelenggara haji dan umrah dilanjutkan oleh IAIN Surakarta dengan Kantor Kepala Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah. Dan terakhir MoA oleh Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta dengan Kantor Kepala Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah. (ZN)