Bg

Berita - IAIN Surakarta

Hebat !!! Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Terima Kunjungan Akademik Institut Darul Qur’an (IDAQU) Tangerang

19 Februari 2021

Jum’at (19/02/21) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta kembali mendapat kunjungan akademik. Kali ini tamu yang datang adalah para dosen Institut Darul Qur’an (IDAQU), Tangerang. Bertempat di ruang rapat gedung rektorat lantai 1, pertemuan ini digelar cukup hangat dan mematuhi protokol kesehatan. Hadir dalam kesempatan ini Dekan dan seluruh pimpinan di Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta.

Mohammad Mualli, Lc., M.A, dekan Fakultas Ushuluddin Idaqu sekaligus pimpinan rombongan mengawali sambutannya dengan menyampaikan salam dari K.H. Yusuf Mansur sebagai pimpinan tertinggi Yayasan Darul Qur’an, serta Rektor Idaqu. Ia juga menyampaikan bahwa sebagai lembaga yang masih cukup muda, Idaqu perlu melakukan banyak menjalin silaturahim dengan berbagai pihak. Selain untuk sarana belajar dan bertukar wawasan, kegiatan ini juga diharapkan dapat menjalin kerjasama dalam berbagai hal. Sehingga, pihaknya turut membawa serta beberapa kepala program studi yang ada. Hal ini dilakukan agar mereka mendapatkan tambahan wawasan dalam proses pengelolaan lembaga.

Gayung bersambut, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Dr. Islah, M.Ag menyambut baik kedatangan para dosen Idaqu ini. Ia mengawali sambutannya dengan memerkenalkan semua pimpinan yang hadir sekaligus menjelaskan secara singkat sejarah Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta sebagai bagian dari perkenalan kedua belah pihak. Lanjutnya, Islah menyampaikan beberapa hal yang menjadi arah dan kebijakan kepemimpinannya, serta hal-hal yang telah dicapai selama kurang lebih satu tahun kebelakang. Selain itu, beberapa hal yang akan dilakukan ke depan juga tak luput disinggungnya, di antara dalam rangka pengembangan lembaga, SDM, Akademik dan Jurnal.

Sebagai lembaga yang mempunyai basis pendidikan Al-Qur’an, para tamu dari Idaqu meminta waktu untuk dapat mendengarkan paparan dari program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, H. Tsalis Muttaqin, Lc., M.S.I. Pada paparannya, ia menjelaskan seluk beluk program studi yang dipimpinnya dengan gaya santai, sehingga tercipta suasana kekeluargaan. Melengkapi paparan Kaprodi IAT, Nur Rohman selaku sekertaris Prodi IAT juga turut dipersilahkan untuk menjelaskan terkait dengan jurnal dan proses pengembangan program studi. Ia turut memperkenalkan kepada seluruh hadirin, tentang excelensi program studi serta sedikit tentang tatakelola jurnal Ilmiah di Fakultas Ushuluddin dan Dakwah.

Menutup kegiatan, Dr. K.H. Kholilurrohman sebagai Wakil Dekan 3 turut memandu acara ramah tamah. Pada sesi ini, kedua belah pihak saling bertukar informasi serta membincang pengembangan keilmuan dan beberapa hal lain, termasuk kemungkinan kerjasama. Tentu saja, antar kedua belah pihak saling berharap munculnya hal-hal baik bagi semua. (NR)