Bg

Berita - IAIN Surakarta

Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta Selenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Tata Kelola Kelembagaan

19 Oktober 2021

Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Tata Kelola Kelembagaan. Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber Prof. H. Mahfud Sholihin, Ph.D (Universitas Gajah Mada Yogyakarta) dan Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum. (Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta)

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah menyampaikan bahwa seiring berubahnya status dari Satker ke Badan Layanan Umum (BLU), maka seluruh unsur di fakultas harus bergerak dan bekerja dalam membuat inovasi-inovasi baru guna memajukan dan mengembangkan lembaga (obah mamah mingset geget).

Dalam pemapapannya, narasumber dari UGM Yogyakarta menyampaikan tentang syarat administrasi lembaga menjadi lembaga BLU, diantaranya surat kesanggupan perbaikan kinerja layanan, pola tata kelola, rencana bisnis strategis, laporan keuanan pokok, standar pelayanan minimal, dan laporan audit.

Sedangkan narasumber Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum mengatakan bahwa untuk mengembangkan lembaga dibutuhkan kesolidan agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai. Selain itu, seluruh kaprodi diminta untuk selalu mengecek data prodi pada PD-Dikti untuk melihat kekurangan-kekurangan dalam rangka menutup serta memperbaiki akreditasi program studi ke depan. Dalam setiap pemaparan para pemateri diselingi dengan dialog maupun tanya jawab dari peserta FGD ke narasumber.