Bg

Berita - IAIN Surakarta

Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta Selenggarakan Seminar Internasional dengan Tajuk “Islam and Local Wisdom”

3 November 2021

FudNews – Sukoharjo 01 November 2021 Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta menyelenggarakan Seminar Internasional dengan Tajuk “Islam and Local Wisdom”. Kegiatan ini dilaksanakan secara blended (luring dan daring). Kegiatan ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. Heddy Shri Ahimsa-Putra, M.A., M.Phil. (Guru Besar Antropologi UGM Yogyakarta) dan Prof. Sumanto Al Qurtuby dari King Fahd University of Petrolium and Minerals Arab Saudi.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah menyampaikan bahwa kegiatan ini diinisiasi dari visi dan misi fakultas, yakni menjadi lembaga atau fakultas yang unggul dalam bidang bidang keislaman yan terintegrasi dengan kearifan local.

Dalam pemaparannya, Prof. Dr. Heddy Shri Ahimsa-Putra menyampaikan teori-teori dasar dalam mengenal antropologi yang berkaitan dengan agama dan budaya. Sehingga melahirkan budaya atau kebiasaan yang baru di masyarakat Indonesia.

Sedangkan Prof. Sumanto Al-Qurtuby lebih menyoroti tentang budaya atau kebiasaan umat Islam yang ada di Arab Saudi maupun Indonesia baik dalam hal pergerakan, pemikiran, dan lain-lain.