Bg

Berita - IAIN Surakarta

FUD Gelar Seminar Internasional “How Religius Moderation Can Overcome Radicalism”

19 Oktober 2021

SUKOHARJO_FUDNews. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta Gelar Seminar Internasional “How Religius Moderation Can Overcome Radicalism” pada Selasa (19/10). Seminar yang digelar di Aula Fakultas tersebut dihadiri oleh Dosen, perwakilan Mahasiswa serta Tenaga kependidikan di lingkungan FUD.

Narasumber pada seminar tersebut yang pertama Dr. Iqbal Ahmad, M.A. dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta serta Yulianingsih Ridwan, M.A. dari University  of Freiburg Jerman.

Dr. Iqbal dalam materinya menyampaikan tentang sejarah munculnya bibit Radikalisme Agama yang telah ada dari zaman Nabi SAW yaitu fenomena munculnya sahabat Nabi SAW yang bernama Ibnu Mulkan yang lalu sampai pada Muhammad ibn Abdul Wahab sebagai pendiri Mahdzab Wahabi/Salafi modern seterusnya sampai pada Hasan Al-Banna khwanul dan perjalanan idelologi tersebut sampai ke Indonesia. Sementara Yulianingsih Ridwan, M.A. dalam materinya lebih fokus pada Kampus sebagai tempat paling Moderat serta menyorot generasi muda milenial adalah golongan paling rawan terhadap faham Radikalisme. FUDNews 2021