Bg

Berita - IAIN Surakarta

FUD IKUTI FGD FINALISASI KURIKULUM IAIN SURAKARTA 2020

22 Juli 2020

 

Solo 22 Juli 2020 , Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) IAIN Surakarta mengikuti Focus Grup Disscussion (FGD) Finalisasi Kurikulum IAIN Surakarta  yang diselenggarkan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) pada tanggal 22 Juli 2020 di Syariah Lor In Hotel di Surakarta.

Kegiatan FGD Finalisasi Kurikulum ini mengundang Prof Dr Sangkot Sirait, Mag (Pakar Kurikulum dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Beliau menyampaikan materi tentang Integrasi Islam, Sains dan Kearifan Lokal dalam Kurikulum, Respon Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar: Rencana Pembelajaran Semester (RPS).

Peserta dalam FGD finalisasi Kurikulum IAIN Surakarta 2020 ini meliputi Wakil Rektor 1, Wakil Rektor 2, Wakil Rektor 3, Kepala LP2m, Kepala LPM,  Dekan, Wakil Dekan 1 Bidang Akademik dan Penguatan Kelembagaan, Direktur Pascasarjana dan Kaprodi-kaprodi, Kepala Laboratorium. Jumlah peserta adalah 40 orang.

FUD IAIN Surakarta diikuti oleh Dekan yaitu Dr Islah, MAg, Wakil Dekan 1 Bidang Akademik dan Penguatan Kelembagaan, Dr. Hj Kamila Adnani, M.Si dan para kaprodi dan kepala laboratorium.

Di akhir kegiatan ini diharapkan para peserta dapat menyusun RPS (Rencana Pembelajaran Semester) mata kuliah yang terintegrasikan dengan disiplin ilmu yang lain dan mata kuliah-mata kuliah yang lainnya. Misalnya RPS untuk Mata Kuliah Ilmu Kalam harus dapat terintegrasikan dengan disiplin ilmu filsafat, sejarah, sosiologi. Sedangkan Mata Kuliah Ilmu Kalam terintegrasikan dengan mata kuliah Meodologi Studi Islam, Sejarah Peradaban Islam, Sejarah Dakwah.