Bg

Berita - IAIN Surakarta

MEMBANGGAKAN, FUD TAMBAH LAGI GURU BESAR BIDANG ILMU STUDI ISLAM

17 Februari 2021

Kartasura (FUDNews) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta menyelenggarakan Sidang Senat Terbuka dalam rangka Upacara Pengukuhan Prof. Dr. Hj. Erwati Aziz., M.Ag sebagai Profesor dalam Ilmu Studi Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) yang dipimpin oleh Ketua Senat Prof. Dr. H. Nashruddin Baidan pada Rabu (17/02).

Pengukuhan guru besar tersebut dilaksanakan secara daring via Aplikasi Zoom Meeting serta luring terbatas dengan menerapkan standar Protokol Kesehatan secara ketat yang bertempat di Gedung Graha IAIN Surakarta.

Menurut Rektor IAIN, Prof. Dr. H. Mudhofir., S.Ag., M.Pd. pengukuhan guru besar kali ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan secara virtual di IAIN, namun tidak mengurangi kekhidmatan acara pengukuhan tersebut.

Pada kegiatan ini Prof. Dr. Hj. Erwati Aziz., M.Ag membacakan pidatonya yang berjudul “Metode Integratif, Sebuah Solusi Penafsiran Ayat-ayat yang Nampak Kontradiktif.”

Pidato ini memaparkan tentang urgensi upaya penafsiran terhadap ayat-
ayat yang terlihat kontradiktif jika ingin memperoleh pemahaman yang, benar komprehensif, dan utuh tentang ayat-ayat Alquran. Oleh karena pertentangan tersebut  bukanta‟ârudh idhtidhâdî (konfrontatif) tetapi ta‟ârudhlafzhî(redaksional), maka tidak diperlukan nasakh atau takhshîsh dalam penyelesaiannya, cukup menggunakan metode integratif, yakni dengan menafsirkan kedua  kelompok ayat tersebut secara terintegrasi dan terpadu sehingga didapatkan suatu pemahaman yang utuh dari ayat-ayat tersebut, tidak parsial atau pecah-pecah.

Menurut Dekan FUD, Dr. Islah., M.Ag. dengan bertambahnya Guru Besar kali ini, FUD total telah memiliki 2 Guru Besar. “Dengan penambahan Guru Besar di FUD ini tentunya merupakan sesuatu yang membanggakan bagi Fakultas, menjadikan FUD menjadi Fakultas yang berkualitas secara Akademis menuju cita-cita besar Kampus Merdeka yang berdaya saing baik tingkat Nasional maupun Internasional.” pungkasnya. (FUDNews/2021)