Bg

Berita - IAIN Surakarta

PROGRAM STUDI TASAWUF DAN PSIKOTERAPI ADAKAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI CEPER, KABUPATEN KLATEN

29 Maret 2021

Tegalrejo, 28 Maret 2021. Program studi tasawuf dan psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta adakan pengabdian  masyarakat berbasis program mutu bertempat di pondok pesantren darul afkar Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten, dengan menghadirkan dua narasumber, pertama Ahmad saifuddin, M.Psi dan Mamluatur rohmah, M.Ag.

Kegiatan pengabdian ini di hadiri kurang lebih 30 peserta dan di buka oleh Ketua Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Supriyanto, M.Ud. dilanjutkan dengan sambutan dari Dr. H. Syamsul Bakri, M.Ag selaku pengasuh Pondok Pesantren Darul Afkar Institut, Dr. Syamsul Menyampaikan bahwa acara ini menjadi hal penting pertama, untuk menjalin hubungan antara Darul Afkar dengan Prodi tasawuf dan Psikoterapi. Kedua penting yaitu sebagai suatu pengabdian kepada masyarakat. dalam permasalahan masyarakat yang beragam, tasawuf menjadi tempat yang nyaman dan memberikan kekuatan psikis pada masyarakat. Acara pengabdian ini seperti petani dan sarjana petani, petani yang sudah mengetahui praktek langsung terhadap metode sufi sebagai pengobatan dan sarjana teori yang menau tentang teori dan keilmuan metode sufi sebagai pengobatan.
Dilanjutkan dengan sambutan dari Narasumber pertama yaitu Ahmad Saifudin,M.Psi. Adanya acara pengabdian terhadap masyarakat merupakan salah satu kewajiban prodi Tasawuf dan Psikoterapi dalam Tridarma Perguruan Tinggi.

Selanjutnya Mamlu’atur Rohmah, M.Ag Selaku Narasumber kedua menambahkan bahwa covid memberikan dampak pada kesehatan psikis dan mental tidak perlu bimbang tetapi berdamailah. Yang berbahaya justru emotional negatif berupa pikiran, perasaan, dan emosi. Kecemasan dan keraguan bersumber dari emosi yang tidak terkontrol sehingga mempengaruhi fisik, maka butuh ikhtiyar dalam menghadapi hal tersebut. Ikhtiyar ada berupa jasadiyah dan batiniyah.

 

 

 

 

Acara berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan bisa berjalan dengan lancar dan di akhiri dengan sesi foto bersama.